Sir Joseph Wilson Swan

assalammualaikum.. sekali lagi admin membahas tentang tokoh ahli,yah karena admin sangat menyukai dan suka mengenal para tokoh yang sungguh berjasa dalam perkembangan modern di dunia ini.Kali ini admin akan memperkenalkan suatu tokoh yang belum pernah kalian kenal sebelumnya... ok ini dia

Sir James Wilson Swan,seorang ahli fisika dan kimia asal Sunderland Inggris.Penemuaannya yang fenomenal adalah lampu pijar,ia memamerkannya di Newcastle,Inggris 18 desember 1878 tetapi ia sampai tahun 1880 belum menemukan hak paten.Namun tanggal 27 november 1889 ia mendapatkan hak paten tersebut.Rumahnya di Gatashead,Inggris adalah rumah pertama di dunia yang diterangi oleh lampu pijar.. :D wah keren kan nih orang.

Dan pada tahun 1904 ia mendapat gelar kebangsawanan yang diberikan oleh Raja Edward VII,diberikan Hughes Medal Royal Society.. hem benar-benar beruntung.. -_- .Tidak hanya itu.. pada pameran 1881 yang bertempat di paris perancis,dia menjadi pahlawan karena dialah faktor penyebab kota paling romantis di dunia itu menjadi indah.. dia orang pertama yang membuat paris diterangi oleh lampu-lampu yang menerangi jalan-jalan paris.Sehingga ia mendapatkan penghargaan Legio d'honneur.

Untuk menghargai jasanya.. di Newcastle , Inggris dibuat sebuah tanda penghargaan berupa biografi singkatnya.

Tapi pada akhirnya namanya hilang dengan adanya nama Thomas Alva Edison yang mengembangkan konsep lampu pijarnya...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment