Sejarah Nama Indonesia

Sejarah Nama Indonesia
Assalammualaikum wr.wb pada segmen kali ini admin ingin bertanya dulu..pada kalian para pembaca.. tahukah kalian arti Indonesia???dari manakah kata tersebut???mengapa kita menggunakan kata tersebut?? nah pada segmen kali ini admin akan mengupas sejarah nama indonesia tersebut. Oke langsung saja ya.. jadi awalnnya itu begini guys..

Sebelum nama Indonesia dipakai,banyak nama-nama yang telah digunakan pada zaman kerajaan(maja pahit)  Terkenal sebuah nama yaitu Nusantara tapi,dalam artian Nusantara ini melingkup daerah luar pulau jawa saja,seperti bali,papua,sumatra dan kalimantan. Hal ini mendapatkan bukti yang kuat.. dari peninggalan sejarah sumpah palap Gajah mada yang berisi
Lamun huwus kalah nusantara, isun amukti palapa” (Jika telah kalah pulau-pulau seberang, barulah saya menikmati istirahat).

Disisi lain.. dalam catatan sejarah etnis TiongHoa.. pada zaman purba wilayah ini memiliki nama Nan-Hai(Kepulauan Laut selatan) .Sedangkan catatan milik India menyebutkan Dwipantara yang berarti dari Dwipa(pulau) dan antar(seberang). Sedangkan dalam kisah Ramayana,Rama yang mencari Sinta.. menyebutkan Surwanadwipa (Pulau emas,sekarang sumatera)

Bangsa Arab menyebut tanah air kita Jaza’ir al-Jawi (Kepulauan Jawa). Nama Latin untuk kemenyan adalah benzoe, berasal dari bahasa Arab luban jawi(kemenyan Jawa), sebab para pedagang Arab memperoleh kemenyan dari batang pohon Styrax sumatrana yang dahulu hanya tumbuh di Sumatera. Sampai hari ini jemaah haji kita masih sering dipanggil “Jawa” oleh orang Arab. Bahkan orang Indonesia luar Jawa sekalipun. Dalam bahasa Arab juga dikenal Samathrah (Sumatra), Sholibis (Sulawesi), Sundah (Sunda), semua pulau itu dikenal sebagai kulluh Jawi (semuanya Jawa).

Lalu kapan nama indonesia tercipta???tercipta nama Indonesia terbilang cukup unik,dan adalah hal yang tidak disengaja.berawal dari Majalah terbitan di singapura yang diterbitkan seorang ahli hukum skotlandia.

Awalnya James Richardson Logan 1847 hanya menulis artikel dari pendapat Mr.Earl.. yang mengatakan bahwa 
sudah tiba saatnya Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu memiliki nama khas,hal itu berawal karena nama wilayah kita ini dikenal dengan nama "Kepulauan Hindia" saat dijajah belanda saja kita memiliki nama Hindia Belanda.

Dalam artikelnya,dia memiliki pendapat atau pilihan yaitu Indunesia atau Malayunesia.Namun pada artikel ini tidak memiliki respon.

Dan pada tahun 1850,Logan menulis artikel kembali tentang pemilihan nama ,karena "Kepulauan Hindia" terlalu panjang dan susah membedakan dengan hindia yang lainnya.Dia memilih pendapat dari Earl Indunesia.. namun huruf "u" ia ganti dengan huruf "o" agar pengucapannya lebih mudah.Nah disinilah awal mulanya tercipta nama "INDONESIA".

Logan benar-benar tidak menyangka Indonesia digunakan sebagai nama resmi,nama Indonesia semakin menyebar ketika zaman penjajahan belanda terbit sebuah buku. Indonesisch ciptaan orang belanda Prof.Cornellis Van Vollenhoven.Ia terkenal yang menciptakan nama Indonesia,padahal Logan lah penemu kata Indonesia tersebut.

Hingga pada proklamasi pun Ir.Soekarno menyebut nama INDONESIA.

yah sebenarnya masih banyak nama-nama selain Indonesia.. tapi maaf guys.. admin capek mau nyebutin satu-satu.. :D jadi segitu aja dulu ya.. hehehe maaf deh guys. Segini aja untuk Sejarah Nama Indonesia

jangan lupa Share dan Likenya ya.. :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment